Panduan Belajar Bahasa Inggris , Belajar Bahasa Inggris Online, Belajar Grammar, Belajar Tenses, Contoh Soal Bahasa Inggris, Deskripsi Text, Contoh Percakapan, Dan Materi Bahasa Inggris Lainya

Pengertian Narrative Text Lengkap Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Narrative Text LengkapHai sabahabat pembaca yang berbahagia, Apa kabarnya masih semangat ya belajar bahasa inggrisnya?  Pada kesemapatan kali ini penulis akan  menjelaskan tentang “Narrative Text” untuk adik - adik yang masih duduk dibangku sekolah tentu akan mempelajari jenis teks ini. Berikut penjelasannya.



A. Pengertian Narrative Text
Narrative Text adalah sebuah teks yang gunakan untuk menceritakan kejadian fiktif atau hanya hayalan belaka dari seorang penulis  yang bertujuan untuk menghibur pembacanya.
B. Jenis-Jenis Narrative Text
Ada beberapa jenis dari narrative teks yaitu sebagai berikut:
  1. fables
  2. fairy stories 
  3.  mysteries
  4. science fiction
  5.  romances
  6. horror stories
  7. legends
  8.  historical narratives
  9.  personal experience  
C. Generic Structur
Pada Narrative Text, susunannya adalah sebagai berikut :
1. Orientation
Merupakan pengenalan yang berupa : cerita tentang apa (what is the story about), siapa pelaku dalam cerita itu (who is the participant), dimana cerita itu terjadi (where is the place setting) dan kapan cerita itu terjadi (when is the time setting).
2. Complication atau Problem
Yaitu pada paragraf inilah yang menjadi inti dari narrative text. Bila tidak ada permasalahan, text ini hanyalah berupa paparan peristiwa satu yang diikuti dengan peristiwa yang lainnya. Masalah yang ada dapat dibedakan menjadi :
  • Natural Conflict : Permasalahan yang timbul apa adanya tanpa faktor tambahan.
  • Social Conflict :Permasalahan yang timbul karena para pelaku itu salin bertemu. Mereka bertemu pada waktu yang sama dengan berbeda kepentingan.
  •  Psychological Conflict : Permasalahan yang timbul ketika pelaku cerita tersebut berhadapan dengan dirinya sendiri. Pertentangan antara nilai baik dan buruk, antara sifat rakus dan tenggang rasa.
3. Resolution
Adalah masalah yang dapat diselesaikan, stiap permasalahn yanag ada harus adapenyelesaiannya, dapat ditutup dengan akhiran yang menyenangkan.
4. Re-Orientation 
Merupakan kesimpulan dari akhir sebuah cerita,bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada pembaca.
D. Ciri-Ciri Kebahasaan
a. Menggunakan Simple Past Tense
b. Biasanya dimulai dengan kata keterangan waktu (Adverbs of Time) . Seperti : long time ago..., once, one, once upon a time.
Demikianlah penjelasan tentang Narrative Text,semoga dapat menambah wawasan kalian dalam bahasa inggris dan bermanfaat. erimakasih

Previous
Next Post »

Apa tanggapan kamu mengenai artikel diatas

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *