Panduan Belajar Bahasa Inggris , Belajar Bahasa Inggris Online, Belajar Grammar, Belajar Tenses, Contoh Soal Bahasa Inggris, Deskripsi Text, Contoh Percakapan, Dan Materi Bahasa Inggris Lainya

Contoh Kalimat Yang Menggunakan Kata Benda Dalam Bentuk Jamak Dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Yang Menggunakan Kata Benda Dalam Bentuk Jamak Dalam Bahasa Inggris - Halo sahabat pembaca semua,bagaimana kabarnya?semoga selalu sehat dan tetap semangat belajarnya. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan materi tentang Kata benda dalam bahasa inggris.

Seperti yang kita ketahui didalam Bahasa Inggris,kata benda terbagi atas dua jenis yaitu Kata benda tunggal (Singular noun) dan kata benda jamak (Plural noun). Tetapi ada juga terdapat beberapa kata yang tergolong sebagai kata benda tidak beraturan (irregular noun) yang memiliki bentuk jamak tanpa ditambahkan akhiran “-s” atau “-es”, melainkan berubah bentuk. 

Contoh Kalimat Yang Menggunakan Kata Benda Dalam Bentuk Jamak Dalam Bahasa Inggris
Contoh Kalimat Yang Menggunakan Kata Benda Dalam Bentuk Jamak Dalam Bahasa Inggris

Selain itu,  di dalam Bahasa Inggris, kata benda berbentuk jamak juga turut memengaruhi kata kerja (verb) yang digunakannya. Bila kata bendanya berbentuk jamak, maka verb-nya juga harus disesuaikan, tergantung pada masing-masing tense. tetapi, ada juga beberapa noun yang tidak memengaruhi verb-nya.

Untuk lebih mudah memahami,  mari kita perhatikan Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris yang Menggunakan Kata Benda dalam Bentuk Jamak berikut ini :

Bentuk jamak regular noun

Bentuk jamak regular noun dengan menambahkan akhiran “-s”
Contohnya:
  • Table-Tables 
Head master the broken tables so we can study in a more proper way (Kepala sekolah mengganti meja-meja yang rusak sehingga kami bisa belajar dengan lebih baik).

1. Regular noun dengan menambahkan akhiran “-es” (berlaku untuk noun yang berakhiran –s, -ss, sh, ch, x, atau z).
• Box-Boxes
My teacher threw away the red boxes because they contained some useless documents (guruku membuang kotak-kotak yang berwarna merah karena hanya berisi dokumen-dokumen tidak penting).

2. Regular noun yang memiliki huruf akhir “y” dan huruf sebelum “y” adalah huruf konsonan: huruf –y tersebut diganti menjadi -ies
• Lady-Ladies
The master of ceremony pleased the theatre ladies to get on the stage (Pembawa acara mempersilakan para wanita pemain teater untuk menaiki panggung).

3. Regular noun yang memiliki huruf akhir “y” dan huruf sebelum “y” adalah huruf vocal: ditambah akhiran -s
• Way-Ways
There are some ways to be a successful person your life (Ada beberapa cara untuk menjadi orang sukses dihidupmu).

4. Regular noun yang memiliki huruf akhir -f atau -fe: huruf –f dan –fe tersebut diganti menjadi -ves
• Dwarf-Dwarves
We ever find a secret cave which the dwarves live there also secretly (Kami pernah menemukan goa rahasia yang di sana para orang-orang kerdil hidup secara rahasia).

5. Regular noun yang berakhiran “us”
• Cactus-Cacti
My mom replace the cacti with another plant that match with our garden soil (Ibuku mengganti kaktus-kaktus tersebut dengan tanaman lain yang cocok dengan tanah taman kami)

Bentuk Jamak Irregular Noun

Didalam Irregular Noun, tidak ada aturan khusus mengenai perubahan dari singular noun ke plural noun. Contoh:
- Child-Children
The children are studying english (Anak-anak belajar bahasa inggris)
- Mouse-mice
We collect the mice because they are  interfere with plants (Kami mengumpulkan tikus-tikus  karena mereka mengganggu tanaman).

Demikianlah contoh kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata benda dalam bentuk jamak. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi sumber refrensi. Teimakasih

Previous
Next Post »

Apa tanggapan kamu mengenai artikel diatas

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *