Panduan Belajar Bahasa Inggris , Belajar Bahasa Inggris Online, Belajar Grammar, Belajar Tenses, Contoh Soal Bahasa Inggris, Deskripsi Text, Contoh Percakapan, Dan Materi Bahasa Inggris Lainya

Contoh Penggabungan Dua Kalimat Dalam Bahasa Inggris Paling Lengkap

Contoh Penggabungan Dua Kalimat Dalam Bahasa Inggris Paling Lengkap - Halo sahabat pembaca semua,pada kesempaatan kali ini penulis akan membahas mengenai penggabungan dua buah kalimatdalam kalimat bahasa inggris, Untuk menggabungkan dua kata dalam bahasa inggris kita menggunakan kata penghubung.banyak jenis kata penghubung dalam bahasa inggris,namun kali ini kita akan membahas ke Relative Pronoun,mari langsung saja kita simak ulasan berikut ini:

Contoh Penggabungan Dua Kalimat Dalam Bahasa Inggris Paling Lengkap
Contoh Penggabungan Dua Kalimat Dalam Bahasa Inggris Paling Lengkap

Relative Pronouns

Relative pronoun adalah kata ganti penghubung yang digunakan untuk menggabungkan dua buah kalimat, fungsi Relative pronoun dalam kalimat adalah untuk menjelaskan noun yang ada pada dua kalimat tersebut, Relative pronoun juga akan diikuti oleh Relative Clauses.

Relative Clauses sendiri adalah Relative Pronoun yang diikuti dengan kalimat independen yang terdiri dari subjek dan kata kerja.

Jika kita rumuskan, maka :

S + V + O (NOUN) + RELATIVE PRONOUN + S + V
atau
S (NOUN) + RELATIVE PRONOUN + S + V + KETERANGAN + V

Berikut kata-kata yang termasuk kedalam kategori Relative Pronouns adalah sebagai berikut:
  1. Who
  2. Whom
  3. That
  4. Which
  5. Whose.


Kata Penghubung ”Who”

Kata penghubung “who” digunakan untuk menggantikan subjek, baik benda mati atau benda hidup,, kami akan berikan beberapa contoh untuk teman-teman, semoga paham ya !

  • The person who bake a cake for me is my mother. (orang yang membuatkan kue untuk ku adalah ibuku)

Who pada contoh kalimat diatas diartikan dengan kata penghubung ”yang”. Karena pada contoh kalimat diatas, subjek dijelaskan dengan kata penghubung ”who”.

Kata Penghubung ”Whom”

Kata penghubung ”whom” digunakan untuk menggantikan subjek orang, bukan benda mati. Berikut contohnya.
  • The man whom I adore is my father .(Pria yang saya kagumi adalah ayahku)

Whom pada contoh kalimat diatas menunjukkan arti ” yang saya” yang juga berarti bahwa penggunaan kata ”whom” pada kalimat diatas untuk menggantikan subjek berupa orang. Hal ini terlihat dari subjek yang ada pada contoh kalimat diatas.

Kata Penghubung ”That”

Kata penghubung ”that” digunakan untuk menghubungkan Relative Clause dengan Independent Sentence. Berikut contohnya:
  • The book that you read yesterday turns out my favourite book. (Buku yang kamu baca kemarin menjadi buku favoritku )

Dari contoh kalimat diatas, ”That” berarti menyambungkan subjek ”the song” dengan kalimat sesudahnya. That menjadi arti untuk kata ”yang” pada bahasa Indonesia. 

Kata Penghubung ”Which”

Which memiliki arti ”yang mana” dalam bahasa Indonesia. Bagaimana  dengan contoh kalimat dibawah ini? Yuk kita analisa bersama.
  • Did you still have the bag which I gave you one years ago.(apakah kamu masih menyimpan tas yang akau belikan satu tahun yang lalu).

Dari kalimat diatas kita bisa memahami bahwa penggunaan kata ”which” menjadi penghubung antara Relative Clause dan independent Clause. 

Kata Penghubung ” Whose”

Kata penghubung ”whose” memiliki fungsi untuk menggantikan kata milik kepunyaan atau Posessive Pronoun. Berikut contohnya.
  • Farhan whose car lost yesterday is seen this morning riding a new car. ( Farhan yang kehilangan mobilnya kemarin pagi ini terlihat mengendarai mobil baru )

Dari beberapa contoh diatas ,kita bisa memahami penggunaan kata’whose’ yang menghubungkan antara relative clause dengan independent clause, dan penggunaan ”whose” untuk menggantikan arti milik kepunyaan.

Demikianlah penjelasan tentang contoh Contoh Penggabungan 2 kaliat Dalam bahasa Inggris Paling Lengkap,semoga dapat bermanfaat. Terimakasih

baca juga:

Previous
Next Post »

Apa tanggapan kamu mengenai artikel diatas

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *