Panduan Belajar Bahasa Inggris , Belajar Bahasa Inggris Online, Belajar Grammar, Belajar Tenses, Contoh Soal Bahasa Inggris, Deskripsi Text, Contoh Percakapan, Dan Materi Bahasa Inggris Lainya

Pengertian Narrative Text Dan Contohnya

Pengertian Narrative Text - Hallo sahabat semua yang masih setia stay disitu sini,Mari kita belajar kita belajar Bahasa Inggris kembali,Nah dimateri sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai Jenis text yang ada didalam kaidah Bahasa Inggris.

Pada kesempatan kali ini pun penulis akan mencoban kembali menguraikan Text yang ada dalam kaidah Bahasa Inggris,yang tentunya sudah sahabat semua ketahui, “Narrative Text” yah materi inilah yang akan bahas,Mungkin untuk sahabat semua sudah ada yang mengetahui apa itu Narrative Text?Namun belum terlalu paham,Don’t worry guys,pembahasan kali ini pasti akan membantu,karena akan kami kemas dengan penjelasan dan contoh yang lengkap dan mudah untuk dipahami.

Pengertian dan contoh narrative text lengkap dengan artinya
Pengertian dan contoh narrative text

Narrative Text


Narrative Text merupakan materi yang akrab sekali dipelajari adik-adik di tingkat menengah pertama, Oleh sebab itu penting kita mempelajarinya agar kita paham pengertian dan contohnya secara baik dan benar,disaat kita ingin membuatnyapun akan sangat mudah apabila kita sudah memahaminya. 

Saat adik-adik belajar disekolah tentunya akan dituntun untuk bisa membuat Narrative text bukan? Narrative text lebih dominan diajarkan dalam bentuk tulisan,yang memiliki beberap langkah untuk membuat text tersebut.

Di perguruan Tinggi pun Narrative Text menjadi salah satu mata kuliah biasanya disebut dengan narration.Berisi cerita seperti:cerita rakyat,cerita fiksi,cerita non-fiksi,dan cerita binatang.
 

Pengertian Dan Ciri-Ciri Narrative Text


1. PENGERTIAN NARRATIVE  TEXT
Narrative Text adalah sebuah cerita khayalan yang dibuat baik secara tertulis ataupun  tidak tertulis,yang terjadi secara beruntut kejadianya yang bertujuan untuk menghibur dan menarik pembaca.


2. GENERIC STRUCTURE
  • Orientation: Yang berisikan pengenalan tokoh,tempat,dan tempat kejadian,dari cerita tersebut.
  • Complication:Dimana berisikan permasalahan yang muncul dan berkembangnya masalah tersebut dalam cerita,dibagian inilah yangpaling menegangkan.
  • Resolution:Berisikan penyelesaian masalah atau konflik.

3. CIRI-CIRI PROCEDURE TEXT
Menggunakan Past:
  • Past perfect,
  • Past continous
  • atau past future continous

Berikut salah satu contoh narrative text dan artinya :

The King And His Daughter                                   
Once their lived a king in a certain country. He had three daughters. He loved them very much. One day he decided to know how much they loved him in return. He called them all together and said, “I know you have great love for me. But I want to know something more”. Then he asked the eldest, “ What is your love for me like ?”Sweet father”, said she, “it is like sugar”. He was pleased to hear that. Then he put the same question to the second.”my dear father, it is like honey”, she replied. The king overjoyed to hear that. Last of all, he put the same question to the youngest. “dear father”, she remarked, “it is like salt”. This made him very angry, and he banished her at once. She took refuge in a jungle. There she met a prince who took her to his country, and married her.

After some time, her father paid a friendly visit to that country. She prepared for him dishes with sugar and honey. But he did not eat much. Last of all she sent him a dish of meat and a vegetable. The king enjoyed it very much because there wash salt in it. Then she threw off her veil and said, “My dear father, my love for you is like salt”

The king, then felt the mistake he had made in her case, and embraced her with great love and affection.

Terjemahanya
Seorang raja dan ketiga putrinya
Pada suatu hari hiduplah seorang raja .dia mempunya 3 putri.dan dia sangat menyayangin ya. Pada suatu hari  sang raja memutuskan untuk mengetahui seberapa besar saying ketuga anknya kepada sang raja tersebut. Dia memanggil semua putrinya dan berkata” aku tau cinta kalian dan sayang kalian begitu besar terhadap ayah”.  Tetapi aku ingin tau  sesuatu yang lebih dari pada itu” dan beliau bertanya kepada putri sulungnya, “ seperti apa sayang dan cintamu kepada ayah?” sang anak menjawab manis ayah” dan ayah bertanya kembali “ apakah manisnya seperti gula” sang ayah merasa sangat senang mendengar nya. Dan kemudian sang raja memberikan pertanyaan kepada putrinya yg kedua“ berapa besar sayangmu kepada ayah”.  Kemudian putrinya menjawab” ayahku tersayang kasih sayang dan cintaku kepada ayah seperti madu” sang raja sangat gembira mendengar jawaban putri keduanya. Dan pertanyaan terakhir di berikan kepada si bungsu” nak berapa besar sayangmu kepada ayah”. Si bungsu menjawab ayahkuh tersayang kasih sayang dan cintaku kepada ayah bagaikan garam, “ asin” dan jawaban tersebut membuat sang raja murka dan mengusir si bungsu untuk pergi dari kerajaan tersebut. Kemudian si bungsu berlindung dan menyelamatkan dirinya pergi ke hutan. Kemudian dia bertemu dengan seorang pangeran, dan sang pangeran tersebut membawanya ke sebuah desa, dan menikahinya. 

setelah kemudian hari, sang raja membayar seseorang untuk mengunjungi desa tersebut.
Si bungsu menyiapkan beberapa hidangan  dengan gula dan madu. Tetapi orang tersebut tidak menyantap banyak, terakhir setelah itu si bungsu mengirim sang raja hidangan daging dan sayuran. Sang raja sangat menikmati hidangan tersebut karna rasanya asin. Kemudian si bungsu mencopot cadarnya dan berkata” ayahku tersayang sayangku terhadap ayah bagaikan garam “asin” 

Sang raja merasa berslah karna telah membuat dia terluka, kemudian sang raja memeluk si bungsu dengan penuh kasih sayang.

Untuk  melihat banyak contoh dari Narrative Text silahkan cek di penjelasan selanjutnya pada artikel Kumpulan Contoh-Contoh Narrative Text

Demikianlah penjelasan dan contoh yang bisa pnulis sajikan mengenais penjelasan dan contoh narrative text dan artinya, mudah-mudahan dapat membantu dan semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *