Panduan Belajar Bahasa Inggris , Belajar Bahasa Inggris Online, Belajar Grammar, Belajar Tenses, Contoh Soal Bahasa Inggris, Deskripsi Text, Contoh Percakapan, Dan Materi Bahasa Inggris Lainya

Pengertian, Fungsi, Rumus dan Contoh Adjective Clause Dalam Bahasa Inggris Lengkap

Pengertian, Fungsi, Rumus dan Contoh Adjective Clause - Halo sahabat pembaca semua,masih tetap semnagat ya belajarnya?belajar merupakan keharusan bagi semua orang,lantas bagaimanakah kalau belajar bahasa inggris? Apakah juga merupakan suatu keharusan juga? Tentunya iya donk ,belajar bahasa inggris itu lebih menyenangkan dimana kita dihadapkan dengan kata-kata baru setiap belajar yang tentunya kata tersebut sangatlah asing bagi kita,baik dari cara membacanya sampai tulisnya pun berbeda,unik bukan?makanya hayo belajar bareng disini.



Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang’ Adjective Clause’ dimana adjective clause mempunyai peran yang penting dalam bahasa inggris, saat kita belajar memahami sebuah teks atau percakapan yanag sudah mempuyai tatanan bahasa yang sudah komplek,sudah pasti disitu adanya adjective clause yang berperan didalamnya.
Maka untuk memahaminya lebih lanjut mari kita simak penjelasan dibawah ini:

A. Pengertian Adjective Clause

Pengertian Adjective Clause adalah Sebuah Grammar yang terdiri dari Adjectivedan Clause. Adjective memiliki fungsi untuk menjelaskan kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). Clause sendiri adalah kumpulan dua kata atau lebih yang memiliki arti atau makna tetapi belum sempurna sehingga belum bisa dikatakan sebagai sebuah kalimat.
Dari penjelasan diatas dapat diambil keseimpulan bahwa adjective clause adalah kumpulan dua kata atau lebih yang mengadung subjek dan verb.

B. Fungsi Adjective Clause

Fungsi Adjective Clause adalah berfungsi sebagai kata sifat yang berfungsi untuk menjelaskan sebuah kata benda sehingga menjadikan kata benda yang bersifat umum menjadi lebih spesifik atau khusus.

C. Rumus Adjective Clause

Adjective clause bisa berupa relative pronoun ataupun relative adverb:

1. Relative Pronoun.
Pengertian Relative Pronoun adalah klausa yang diawali dengan who, whom, which, whose, that yang berfungsi untuk menerangkan  atau menggambarkan sebuah kata benda (noun) atau kata ganti benda (pronoun).
Contoh:
The man who called me last morning is my uncle (Pria – yang memanggilku kemarin pagi – adalah pamanku). Kalimat yang sebenarnya adalah The man is my uncle,sedangkan “who called me last night’sebagai adjective clause yang berfungsi untuk memberikan penjelasan pada kata The man,agar tepat pada tujuannya dan tidak salah.

2. Relative Adverb
Pengertian relative adverb adalah klausa (clause) yang diawali dengan kata where, when dan why yang juga berfungsi untuk menjelaskan atau menggambarkan kata benda (noun).
Contoh:
This is the place where we studied last year (Ini adalah tempat – dimana kita belajar tahun lalu). Kalimat intinya adalah this is the place. Sementara klause “where we studied last year” adalah adjective clause yang menjelaskan the place.

D. Contoh Kalimat Adjective Clause

1. The laptop that I bought last week was belong to my friend.(Laptop yang saya beli minggu lalu adalah milik teman saya)
2. Jarwo who a lot of money bought a new house last month.(Jarwo yang memiliki banyak uang membeli rumah baru bulan lalu).
3. We whom talked to just now is a teacher.(dia yang baru saja berbicara dengan kita adalah seorang guru).
4. The man whose hat is black is my brother.(pria yang topinya hitam adalah saudaraku)
5. Bandung is the place where we will visit next week.(bandung adalah tempat yang akan kita kunjungi minggu depan).

Demikianlah penjelasan tentang adjecive clause semoga bisa bermanfaat dan dapat menambaha wawasan sahabat semua dalam proses belajar. Terimakasih


Previous
Next Post »

Apa tanggapan kamu mengenai artikel diatas

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *