Panduan Belajar Bahasa Inggris , Belajar Bahasa Inggris Online, Belajar Grammar, Belajar Tenses, Contoh Soal Bahasa Inggris, Deskripsi Text, Contoh Percakapan, Dan Materi Bahasa Inggris Lainya

Pengertian, Structure, Tujuan Dan Ciri Explanation Text Dalam Bahasa Inggris Lengkap

Pengertian, Structure,  Tujuan Dan Ciri Explanation Text - Halo sahabat pembaca semua,masih tetap semangat ya belajar Bahasa Inggrisnya? Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas salah satu teks dalam bahasa inggris yaitu” Explanation Text” penting sekali kita memahami jenis teks tersebut sebagai modal dan bekal kita dalam belajar bahasa inggris,karena banyak sekali jenis-jenis teks yang mana kita harus mampu memahminya satu persatu. tentu akan semakin membuat bingung bukan? Nah untuk adik – adik pelajar semua yang juga membutuhkan materi tersebut,yuk langsung saja kita simak penjelasan dibawah ini:



A. Pengertian Explanation Text

Explanation Text “Explanation is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena”. Explanation teks adalah sebuah teks yang berisikan  tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lain-lain.
Jika dilihat dari pengertianya sendiri Explanation Text menceritakan kejadian – kejadian yang tidak hanya satu jenis tetapi banyak macamnya.

B. Tujuan Explanation Text

Tujuan Explanation text adalah untuk memberi keterangan tentang suatu proses-proses atau kejadian yang terjadi  dalam pembentukan sesuatu yang erat kaitanya dengan fenomena-fenomena seperti misalnya alam,sosial,ilmu pengetahuan,budaya dan lainya,guna bertujuan untuk menjelaskan kepada pembaca  bagaimana dan mengapa kejadian itu bisa terjadi.

C. Generic Structure Explanation Text

General statement (Pernyataan umum)
Merupakan penjabaran umum tentang sesuatu yang akan dibahas,biasanya mengenalkan fenomena dan penjelasanya.

Squenced of explanation (urutan penjelasan)
Merupakan penjelasan tentang proses atau kejadian mengapa fenomena bisa terjadi atau terbentuk.

Closing (Penutup)
Merupakan bagian atau langkah akhir dari sebuah cerita atau Explanation Text.

D. Ciri-ciri Explanation Text

Explanation Text biasanya berasal dari pertanyaan ‘why’dan ‘how’ pada suatu fenomena.
Lebih menekankan pada kejadian atau peristiwanya yang terjadi.
Bentuk yang digunakan adalah Tenses Simple Present Tense.

Demikianlah penjelasan tentang “Explanation Text” semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan sahabat semua dalam belajar Bahasa Inggris. Terimakasih

Previous
Next Post »

Apa tanggapan kamu mengenai artikel diatas

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *