Panduan Belajar Bahasa Inggris , Belajar Bahasa Inggris Online, Belajar Grammar, Belajar Tenses, Contoh Soal Bahasa Inggris, Deskripsi Text, Contoh Percakapan, Dan Materi Bahasa Inggris Lainya

Pengertian Procedur Text Dalam Bahasa Inggris Lengkap

Pengertian Procedur Text - Halo apa kabar sahabat pembaca semua,masih tetap semangat ya untuk belajar Bahasa inggris, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikkan materi tentang salah satu teks dalam bahasa inggris yaitu “Procedur Text” ada yang masih belum paham tentang teks tersebut,yuk kita simak penjelasan dibawah ini:



A. Pengertian Procedure Text

Pengertian Procedur Text adalah sebuah teks yang berfungsi untuk menceritakan atau menggambarkan bagaimana sesuatu terjadi melalui tahapan,langkah-langkah,urutan atau cara yang benar,sehingga menjadi sebuah teks yang lengkap. (A text that serves to tell or describe how things happen through the right stages, steps, sequence or method, so that it becomes a complete text

B. Tujuan Procedure Text

Tujuan Procedur Text adalah membuat pembaca memahami suatu tahapan atau lankah-langkah untuk melakukan sesuatau secara beruntut atau prosedural, sehingga pembaca dengan mudah untuk melakukannya.

C. Generic Structure Of Procedure Text

1. The Goal of Activity (Tujuan kegiatan)
Pada tahapan pertama,akan menjelaskan tentang sesuatu yang akan di capai melalui serangkaian langkah-langkah,agar pembaca dengan mudah untuk memahaminya,maksud dantujuannya.

2. Any Material Needed for Procedure (Materi yang butuhkan)
Pada tahapan kedua ini, setelah mengetahui sesuatu yang akan dicapai,langkah selanjutnya adalah mempersiapan jenis-jenisbahan atau materi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan,gunanya agar tujuan dapat tercapai dengan baik.

3. Steps to Achieve the goal (langkah untuk mencapai tujuan)
Pada tahapan ini adalah tahapan dimana akan dijelaskan langkah-langkah yang harus  dilakukan secara beruntun dari awal hingga akhir.

4. Conclusion (kesimpulan)
Pada tahapan akhir ini merupakan kesimpulan dari apa yang telah dikerjakan dengan langkah-langkah dari materi,sehingga tercapai hasil yang diinginkan.

D. Ciri-ciri Procedure Text


  • Fokus pada  manusia.
  • Menggunaan present tense.
  • Imperatif/bentuk perintah, misalnya: buatlah (make), gunakanlah (use) dsb.
  • Menggunaan conjuctions temporal ( penomeran untuk menunjukkan urutan). Contoh: then, after that, before, after, while, ect


Demikianlah penjelasan tentang “Procedur Text “semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Previous
Next Post »

Apa tanggapan kamu mengenai artikel diatas

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *