Panduan Belajar Bahasa Inggris , Belajar Bahasa Inggris Online, Belajar Grammar, Belajar Tenses, Contoh Soal Bahasa Inggris, Deskripsi Text, Contoh Percakapan, Dan Materi Bahasa Inggris Lainya

Penjelasan Perbedaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris Paling Lengkap

Penjelasan Perbedaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris Paling Lengkap- Halo apakabar sahabat pembaca semua?bagaimana kabarnya?semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat untuk belajar. Pada kesempatan kaliini penulisnakan membahas materi grammar yaitu tentang perbedaan antara penggunaan was dan were dalam bahasa inggris.
Kata was dan were termasuk dalam kelompok Modal Auxiliary to-be yang digunakan dalam kalimat pada masa lampau(past tense). 


Penjelasan Perbedaan Was dan Were Dalam Bahasa Inggris Paling Lengkap
Penjelasan Perbedaan Was dan Were Dalam Bahasa Inggris Paling Lengkap


Baca juga :

Mari kita simak penjelasan dibawah ini:

Past tense

Biasanya was digunakan untuk subjek tunggal seperti She,he,it,I,dan untuk nama orang tunggal, contoh “Hana was with me last morning.(hana bersamaku kemarin pagi). Dari contoh tersebut bisa kita lihat bahwa Hana sebagai subjek tunggal,kemudian diikuti oleh to-be was dan diikuti oleh kata keterangan. Kalimat diatas jelas sekali bahwa kejadian itu berlangsung kemarin pagi,yang berarti sudah terjadi pada masa lampau (past tense).

Biasanya were digunakan untuk kata jama seperti You,we,they dan subjek jamak lainya. Contohnya’You were in my home last morning.(kamu ada dirumahku kemarin pagi). Kalimat tersebut menujukan bahwa penggunaan were setalah subjek berfungsi untuk memberi penegasan kalimat yang terjadi kemarin pagi,berarti kejadian tersebut sudah terjai atau kalimat masa lampau(past tense)

Dari dua contoh kalimat diatas apakah teman-teman sudah paham? Sudah mengerti sampai disini? Baiklah kita lanjut ke materi selanjutnya.

Simple Past Tense

Pada Simple past tense penggunaan was dan were berbeda, simple past tense menggunakan subjek non-verbal atau nominal.

”It was good show for me” ( Itu pertunjukan yang bagus menurutku).  Dapat kita lihat bahwa Was pada kalimat tersebut digunakan sebelum subjek tunggal ”it”. Pada kalimat simple past tense ini anda tidak perlu menambahkan kata kerja bentuk kedua setelahnya karena to-be was sudah menjelaskan bahwa kalimat ini adalah kalimat simple past tense.

”Donuts were his favourite food” ( Donat adalah makanan favoritnya). Pada kalimat ini, donuts ( Donat) yang menggunakan imbuhan-s diakhir kata memiliki artian bahwa donat yang banyak atau nominal. Jadi, donuts pada kalimat diatas adalah subjek nominal yang kemudian diikuti oleh to-be were dan kemudian ditambah dengan kata keterangan. Kalimat ini juga kalimat Simple past tense.

Past Continuous Tense
Penggunaan was dan were pada past continuous tense akan berbeda lagi.mari kita langsung lihat contohnya agar lebih mudah dipahami.
” I was cooking in the kitchen when your called yesterday.” (aku sedang memasak didapur  saat kamu menelponku kemarin)

Dari kalimat ini kita rumuskan bahwa :
S + WAS + VERB+ING+ O
Verb+ ing adalah verb atau kata kerja pertama. Anda tidak perlu mengganti kata kerja ke bentuk kedua karena kalimat ini past atau terjadi dimasa lampau. Anda cukup memakai kata kerja bentuk pertama lalu menambahkan imbuhan -ing dibelakangnya. To-be was sudah menjelaskan bahwa kalimat ini adalah kalimat masa lampau.

”They were wearing same bag of their outfit yesterday” ( Mereka menggunakan warna tas yang sama  kemarin).

Dari kalimat diatas kita bisa melihat perbedaan penggunaan nya karena subjek yang sudah berubah. Subjek pada kalimat diatas adalah subjek jamak, sementara kalimat sebelumnya adalah subjek tunggal.

Demikianalah penjelasan tentang perbedaan pada penggunaan was dan were semoga dapat bermanfaat. Semoga dapat bermanfaat terimasih

Previous
Next Post »

Apa tanggapan kamu mengenai artikel diatas

 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *